Sebuah Ziarah Kuliner ke Gresik, Jawa Timur

21.04
Sebuah Ziarah Kuliner ke Gresik, Jawa Timur -
Total
0
Facebook
Twitter
Google+
Linkedin
Whatsapp

Offering sebuah bungkus nasi krawu

itu masih tengah hari, tapi aroma indah digoreng bawang putih dan lengkuas pasta sudah membuat saya lapar. Ibu saya sedang memasak hidangan khusus untuk Idul Fitri, asem asem buntut sapi (sup buntut asam), dan percaya diri memercik cincang cabai, bawang, dan garam ke dalam kaldu tanpa mencicipi itu (dia masih puasa ). Aku tidak bisa menahan godaan untuk mencicipi, tapi ibuku lembut menampar saya ketika saya mencoba untuk sendok kaldu.

"Hal utama tentang puasa adalah untuk mengontrol pikiran, sehingga kita dapat mengontrol nafsu makan kita, nafsu , marah dan kebiasaan buruk, "katanya sambil meremas jumlah yang berlimpah melinjo daun di, yang, menurut dia, membuat rasa asam yang sempurna. "Pilih kata-kata bijak, dan memberikan sikap yang baik terhadap orang lain, bersabar. Mereka semua akan menghasilkan kebaikan dalam kehidupan, dan tentu saja berkat dari Tuhan. "

30 hari di setiap tahun lunar Islam, semua umat Islam di dunia praktek puasa, dan menjauhkan diri dari makan, minum, merokok dan memiliki perkawinan hubungan selama siang hari. Dalam Bulan Suci ini, setiap Muslim harus fokus pada makhluk spiritual mereka dan lebih berkonsentrasi pada hubungan pribadi seseorang dengan Allah untuk mendapatkan lebih banyak berkah dari Yang Maha Kuasa.

ini berakhir cepat dengan pesta, juga dikenal sebagai Idul Fitri atau Idul Fitri, hari kemenangan bagi mereka yang memenangkan pertempuran dengan diri seseorang sendiri. Tahun ini hari akan jatuh pada tanggal 28 Juli (tergantung penampakan bulan), dan pada hari gembira ini orang Muslim merayakannya dengan keluarga mereka. Mereka yang hidup terpisah akan kembali ke kampung halaman mereka, membawa cerita rumah dan hadiah, berlatih shalat Ied bersama-sama di pagi hari di masjid desa atau sekitar ladang, mengunjungi orang lain untuk mencari pengampunan, berbagi kebahagiaan dan makanan lezat.

saya selalu berharap untuk mengunjungi orang tua saya untuk perayaan Idul Fitri, dan di sini saya di Gresik, kampung halaman saya, pada ziarah kuliner, merasa bersemangat seperti selalu untuk mengatur selera gastronomi saya ke mode rumah.

Gresik adalah sebuah kota industri kecil timur laut dari Surabaya. Meskipun sebagian besar pabrik-pabrik modern sekarang ditetapkan di sini, di 15 th abad kota ini menjabat sebagai pelabuhan yang sibuk dan pusat perdagangan penting, dan merupakan pintu gerbang pertama Islam masuk Jawa. Sekarang juga terkenal sebagai kota santri (kota pelajar pesantren), rumah Gresik dua kuburan kuno Sunan Malik Ibrahim dan Sunan Giri , tokoh-tokoh Islam yang bermain peran penting dalam menyebarkan Islam di Jawa, dan telah menjadi salah satu tujuan ziarah yang paling penting di Indonesia.

Makam Sunan Malik Ibrahim

lain pesona Gresik adalah hidangan produktif nya, nasi krawu . Ada banyak gaya yang berbeda dari hidangan ini, tapi saya seorang Ibu Tiban pemuja. Usahanya telah ada di Gresik sejak tahun 1985, dan dia pedesaan warung , terletak di Jalan KH Abdul Karim (cabang lain adalah pada Jalan Veteran ), selalu sibuk, bahkan selama Ramadhan. Saya membeli dua bungkus (takeaway); beras - disajikan pada rendah hati dilipat-over koran dengan daun pisang - atasnya dengan halus brune irisan daging sapi dan jeroan, dan tiga gaya yang berbeda dari cabik kelapa: manis (orange), gurih (coklat), dan panas (merah), dan tidak ketinggalan adalah pasta udang tajam sambal ! Tertahankan kaya rasa!

Ketika matahari tidak lagi sengit, kota menunjukkan semangat nyata. Saya naik skuter saya di lingkungan pasar utama, Pasar Gresik , untuk mengagumi bangunan tua dan rumah-rumah kolonial kuno berjajar di Jalan Nyai Ageng Arem Arem , bukti kejayaan hidup . Di jalan, anak-anak bermain, pasangan pada sepeda motor lewat, mencari makanan ringan untuk buka puasa mereka, dan anak perempuan di jilbab berjalan dalam cekikikan kelompok satu sama lain. Itu adalah santai dan damai dan aku bisa merasakan romantisme Saya selalu merindukan; ini adalah bagaimana sebuah kota religius harus.

gerobak roda Colourful ditetapkan pada setiap bentangan jalan utama Gresik untuk menyambut waktu berbuka puasa, menjual terjangkau takjils (minuman atau makanan ringan untuk buka puasa ), dan makanan buatan sendiri untuk mereka yang lebih memilih untuk memiliki makanan sehat untuk orang-orang tercinta. Jangan lupa untuk mencoba legen, manis, minuman berawan terbuat dari ental (lontar buah sawit), dijual di kios di sepanjang Jalan Veteran. Travellers yang melewati kota tidak boleh melewatkan Pak Elan 's tanpa tulang panggang bandeng, atau bandeng bakar , disajikan dengan pasta udang sambal , yang menawarkan kuliner memperlakukan sensual bagi mereka yang telah dengan sabar puasa sepanjang hari.

Saya suka untuk memperkenalkan kebanggaan gastronomi kampung halaman saya untuk teman-teman saya di Bali, dan Sari Kelapa di Jalan Sindujoyo, dekat pasar, memiliki semua yang saya butuhkan. Pudak (kue manis yang lembut, tersedia dalam tiga warna - hijau, coklat, dan polos - terbuat dari tepung beras, gula dan santan, dibungkus 'OPE' - selubung daun sirih), jubung (hitam beras tepung kue ditaburi biji wijen, juga dibungkus dalam 'OPE'), dan ayas (berwarna-warni seperti jelly kue, juga dibuat dari tepung beras) adalah favorit Oleh -oleh dari Gresik.

Jenang Jubung

Tapi jika Anda jatuh cinta dengan bandeng, otak-otak adalah sempurna untuk membawa pulang. Dibuat dengan mengambil semua daging ikan tapi masih meninggalkan kulit pada, kemudian mencampur daging dengan rempah-rempah (kunyit dan dosis tinggi cabai dan lada), ikan ini kemudian diisi kembali lagi dan dijepit dengan sebuah tongkat bambu sebelum mengirimnya ke kompor untuk memanggang. Ledakan rasa memberikan tendangan nyata, dan sampai sekarang hidangan ini selalu membuat saya berkata-kata.

Beberapa bulan yang lalu saya mencicipi penemuan lain bandeng, pudak bandeng , kombinasi sempurna dari memperlakukan manis dicampur dengan lembut, daging ikan gurih. Sungguh menakjubkan bagaimana orang-orang lokal senang untuk mengangkat ikan keperakan ini untuk banyak tarif kuliner yang berbeda. Belum lagi pasar ikan tradisional yang besar, Pasar bandeng, yang khusus diadakan pada tiga hari terakhir Ramadhan pada 3 km bentangan jalan di pasar. petani lokal menjual ton segar, ikan terbaik, dan membuang lelang untuk yang terbesar. Suara musik dan teriakan berdengung bunyi keras di latar belakang, bau amis tidak masalah sama sekali bagi para pengunjung. Orang membuat jalan melalui orang banyak untuk membeli setidaknya 3 kg ikan bandeng untuk berbagi dengan tetangga dengan harapan mendapatkan berkah yang lebih baik year.In berikutnya rumah saya, suara keras dari doa dari menara yang didengar. Ayah saya baru saja tiba dengan dua bandeng 1 meter di tangannya, bintang besok pesta kami. Lebaran datang, semua orang tidak sabar untuk merayakan.

Total
0
Facebook
Twitter
Google+
Linkedin
Whatsapp
Previous
Next Post »
0 Komentar