Eat, Pray, Senyum

13.08
Eat, Pray, Senyum -
Total
0
Facebook
Twitter
Google+
Linkedin
Whatsapp
Eat, Pray, Love

Eat, Pray, Love

"Ketut Liyer? Anda maksud Ketut Liar? "Ternyata lelucon yang biasa diulang di Bali, meskipun saya tidak bertemu beberapa warga Ubud yang khawatir bahwa penyembuh ini dari Elizabeth Gilbert Eat, Pray, Love itu merobek wisatawan Barat. Tapi persaingan antara penyembuh di Bali (khusus Ubud) tersebar luas dan reputasi selalu menjadi ternoda. Penyembuhan adalah bisnis besar. Internet adalah penuh dengan kekhawatiran tentang penyembuh dan 'batas' yang sedang menyeberang atau Balians tertentu hanya tidak asli.

Namun lain dengan cepat untuk membela dirinya, dan anak Ketut sendiri mengumumkan bahwa Ketut dapat menerima sekitar seribu tamu untuk upacara besar seperti Sarasvati Day. Anda tidak menjadi nyata Balian Usada (penyembuh tradisional Bali) tanpa pelatihan yang ekstensif dan dedikasi - ini adalah karena diyakini bahwa kekuasaan Tuhan yang diberikan mereka dapat memutuskan untuk meninggalkan murni dan ada banyak aturan tentang bagaimana mempertahankan kemurnian tersebut. Jadi adalah Ketut Liyer asli? Saya cukup beruntung untuk menemukan nugget emas di Ubud Pondok Pekak Library & Learning Centre - akun kehidupan nyata dari Balian Usada ini, Ketut Liyer. Di rak berdebu adalah dokumen yang ditulis tangan oleh Samantha Eir Kamera-Smith (salah satu siswa Pondok Pekak ini), yang ditulis pada tahun 1993, tiga belas tahun sebelum Elizabeth Gilbert kultus klasik diterbitkan .

Pada titik ini saya mungkin harus menjelaskan bahwa cerita Gilbert adalah memoar berdasarkan pengalamannya pulih dari perceraian dengan mengalami kesenangan (makan) di Italia, yang dikhususkan (berdoa) di India dan menemukan cinta di Bali di mana ia pada pencarian untuk menemukan keseimbangan antara kesenangan duniawi dan pengabdian spiritual di bawah bimbingan Ketut Liyer.

The film 2010 dengan nama yang sama dibintangi Julia Roberts dan James Franco dan diproduksi oleh Brad Pitt. Ketut, dalam film, dimainkan oleh seorang aktor, tetapi dalam kehidupan nyata Ketut diundang Elizabeth untuk belajar dengan dia dan dia mengajarinya bahasa Inggris. Elizabeth tidak dapat memastikan usia Ketut, meskipun ia menemukan bahwa ia lahir pada The mahasiswa kedokteran Samantha Eir Kamera-Smith mendapat agak lebih dekat, percaya bahwa ia adalah tujuh puluh empat pada saat studinya "Kamis." - Yang berarti bahwa ia berusia sembilan puluh lima tahun tahun ini.

"The mistisisme ditemukan dalam spiritual, aspek magis penyembuhan Bali telah menarik banyak orang Barat ke rumah Ketut Liyer," lanjut Samantha. Sebuah Balian percaya bahwa penyakit disebabkan oleh situasi yang tidak seimbang dan Balian Usada pertama, Budha Kocapi, dianugerahkan dengan pengetahuan oleh dewi Sarasvati. kearifan tersebut disebarkan di lontars (naskah yang terbuat dari daun lontar, yang ditulis dalam bahasa Sansekerta Bali) dan Sarasvati harus berdoa kepada harian. "Jika saya tidak berdoa kepadanya tiga kali sehari, atau jika saya menyalahgunakan kekuasaan saya, dia akan mencabut pengetahuan saya tentang lontars," kata Ketut Samantha. Sebagai generasi kesembilan penyembuh, Ketut memiliki perpustakaan yang luas dan "lebih dari lima puluh lontars yang berbeda."

Ketut Liyer Opening a Lontar

Ketut Liyer Membuka Lontar

Ketut biasanya dilakukan pembersihan upacara, kelapa membaca, menciptakan lukisan sihir dan melakukan sihir cinta. Percaya bahwa setiap orang memiliki kecantikan alami, Ketut menjelaskan bahwa semua yang dia lakukan untuk melakukan sihir cinta adalah untuk mengubah energi pada, "Sehingga menjadi terlihat oleh orang lain." Dia bahkan menerima surat dari orang-orang yang telah mendapatkan menikah karena berhasil ' cinta ajaib '.

Tapi saya alami meragukan. Saya telah melihat Eat, Pray, Love dan saya sudah membaca buku itu, namun masih saya tidak bisa mengusir saya sombong pra-konsepsi. Jadi saya memutuskan untuk bertemu dengannya.

Di ruang tunggu adalah turis murung dari Düsseldorf. Dia sudah di sini sejak pukul delapan pagi. Saya mencoba untuk hadiah beberapa informasi lebih lanjut dari dia, tapi aku tidak bisa. Dia batu tak tertembus dan menyerah, saya melihat kolam ikan untuk sementara waktu. Dua wisatawan Korea yang meluncur dalam oleh pemandu wisata yang tampaknya sedikit terlalu akrab dengan adegan. Akhirnya, wanita Jerman dipanggil untuk membaca garis tangan dan aku terkejut - Saya mendengar tawa. skill ini saja mengesankan saya.

Sekarang giliran saya untuk menemukan apa semua ribut-ribut tentang - dan saya melihatnya langsung - itu senyumnya. Saya dibanjiri kebahagiaan. Kami duduk untuk sementara dan Ketut tertawa dan kemudian dia menunjukkan saya bel upacara nya. Sebelum aku tahu itu, mantra yang meledak keluar dari mulutnya dan aku menutup mata saya; itu adalah luar biasa indah. Aku tidak meminta satu pertanyaan. Wawancara ini pasti berbeda.

Ketut adalah orang yang, menurut Elizabeth, "tidak pernah lepas pulau Bali dalam hidupnya. Dia telah menghabiskan waktu yang sangat sedikit, sebenarnya, dari teras nya. "Dan Anda mungkin ingat jawaban Ketut ketika Elizabeth ditanya apakah ia ingin mengunjunginya di Amerika, setelah ia pasrah menggeleng," Tidak memiliki gigi cukup untuk perjalanan di . pesawat "

Dan Ketut memberi saya waktu - sumber daya yang paling berharga. Dokter gigi dibayar untuk waktu mereka; dokter dibayar untuk waktu mereka juga. Saya tidak mengerti mengapa menyumbangkan untuk penyembuh harus menjadi masalah. Bahkan, sebagai Ketut berbagi cerita, pemandu wisata yang membawa dua gadis Korea terus menatapku dengan petunjuk bergulir dari 'ayolah Ms. Julia Roberts' dan saya merasa bersalah karena mengambil waktu semua orang. Tapi setiap kali saya mohon diri, Ketut penuh semangat akan mengatakan, "Tunggu sebentar," saat ia membaca salah satu lontars rapuh. Mantra pertama adalah tentang menyembuhkan seseorang dari cetik (racun) yang dapat memberikan seseorang membunuh mendesak - obat terbaik dibakar kotoran sapi menyeka pada kaki - meskipun saya mungkin tidak mengerti bahwa dengan benar. Jangan mencobanya di rumah.

Bahkan anak Ketut mengorbankan waktunya untuk orang lain karena ia lembut mengguncang bayi damai, yang ibunya dan ayah sibuk belajar dan bekerja. Kemudian, anaknya menjelaskan bahwa Ketut harus membersihkan dirinya setiap pagi dengan mengulangi hingga 2.000 mantra. Dia bekerja keras untuk kebahagiaan dan menjaga ini 'keseimbangan' nya. "Energi dia diberikannya bekerja dua belas jam sehari, mengobati orang masih pada usia sembilan puluh lima tidak pernah berhenti membuat saya takjub. Rasa hormat saya pegang dia sangat cepat mengesampingkan sikap skeptis awal saya, "kata Samantha.

saya tidak bisa tidak setuju, meskipun saya tidak menganjurkan bahwa ribuan wisatawan berduyun-duyun ke Ubud untuk beberapa penyembuhan. Hal yang saya dihormati paling tentang Ketut adalah dedikasinya; ia hanya berharap hal-hal dari dirinya sendiri, bukan orang lain. Dia bekerja keras untuk melakukan salah satu dari hal-hal yang langka; untuk memberikan dunia senyum dan benar-benar tahu nilainya.

Total
0
Facebook
Twitter
Google+
Linkedin
Whatsapp
Previous
Next Post »
0 Komentar