Lutfi UU Clerk: Menemukan Perdamaian di Ramadhan

17.25
Lutfi UU Clerk: Menemukan Perdamaian di Ramadhan -
Total
0
Facebook
Twitter
Google+
Linkedin
Whatsapp

Lutfi Panitera Hukum

Sahur , pra-fajar Muslim makan mengambil sebelum panggilan pertama untuk salat selama Ramadhan rumit . Kebanyakan orang Indonesia bangun sebelum 04:00, memiliki gigitan cepat untuk makan dan beberapa gelas air, sebelum berdoa dan menangkap beberapa menit tidur sebelum saatnya untuk bangun dan kepala ke kantor.

Tapi Lutfi, petugas hukum di Mahkamah Konstitusi, suka menggunakan waktu antara Sahur dan aktivitas di pagi hari ke kantor, untuk mengambil anaknya yang berusia empat tahun dengan tangan untuk berjalan-jalan di sekitar blok. Tentu, itu akan menyenangkan untuk mengambil 45 menit tidur di pagi hari, tapi untuk Lutfi, yang kadang-kadang berakhir tinggal lembur di kantor atau terjebak dalam lalu lintas dalam perjalanan pulang, yang waktu dengan anaknya sangat berharga.

"anak saya bertanya tentang puasa," kata Lutfi, yang lahir dan dibesarkan di Medan, namun telah disebut Jakarta rumahnya sejak tahun 05. "saya menjelaskan kepadanya bahwa tidak makan hanya sebagian kecil dari Ramadhan. Itu bukan segalanya. Dia tidak mendapatkan bagian spiritual sekarang, tapi yang akan datang. "

Lutfi menjelaskan bahwa sementara Ramadhan adalah waktu yang spiritual, di mana ia dapat merefleksikan hidup dan keluarganya, membangun disiplin dan menghabiskan lebih banyak waktu di doa dan kontemplasi, ada juga rasa tertentu nostalgia yang datang dengan bulan suci. Dan bagi umat Islam yang tinggal di jantung kota Jakarta, desa kadang-kadang tampaknya satu juta mil jauhnya.

"Sebenarnya saya rindu suasana Ramadhan dari desa," Lutfi menjelaskan. "Di sini, di Jakarta kita kehilangan sedikit suasana komunal dan perasaan. Anda melihatnya di TV, tapi itu tidak sama. Kami bekerja dari pagi sampai malam, tapi ketika saya mudik (kembali ke kampung halaman) saya benar-benar bisa merasakannya. Mungkin itu membuat saya nostalgia, itu mengingatkan saya ketika saya masih kecil dan saya digunakan untuk pergi di sekitar desa di pagi hari dengan teman-teman saya mengatakan kepada semua orang itu sahur. "

Jadi, sementara Lutfi menghitung hari sampai ia dapat kembali ke Medan dan menghabiskan liburan dengan teman-teman dan keluarganya, apa yang ia pikirkan puasa di Jakarta? Bagaimana dia rasakan ketika rekan atau teman-teman yang tidak puasa makan atau minum di depannya?

"Puasa sangat pribadi," katanya. "Anda bisa makan di depan saya. Anda dapat minum dan makan. Saya tidak peduli. Saya puasa untuk diri sendiri dan Tuhan, bukan untuk orang-orang di sekitar saya. "

Untuk Lutfi, puasa tidak berpantang dari makan dan minum, melainkan perspektif yang diperoleh dari kejelasan yang datang dengan tidak memiliki Anda hari ditentukan oleh makanan atau minuman.

"hal yang paling penting tentang puasa adalah untuk berpikir tentang orang-orang lain di sekitar saya yang harus cepat setiap hari karena mereka tidak memiliki cukup untuk makan. Ini menciptakan perspektif. Puasa juga membantu membersihkan tubuh dari racun dan memungkinkan organ Anda sedikit istirahat. Dan itu tidak hanya makan, itu tentang emosi. Ini tentang menemukan kedamaian, bersabar dan empati. "

Jadi, apa Lutfi berharap untuk ketika datang ke berbuka puasa?

" Ini bukan sesuatu yang benar-benar penting bagi saya. Itu bukan apa puasa adalah tentang. Ini tentang keluarga saya dan saat kita berbagi bersama. Ini tentang mereka jalan-jalan dengan anak saya. "

Total
0
Facebook
Twitter
Google+
Linkedin
Whatsapp
Previous
Next Post »
0 Komentar