Siti Dayak Dancer

16.23
Siti Dayak Dancer -
Total
0
Facebook
Twitter
Google+
Linkedin
Whatsapp
Siti the Dayak Dancer

Siti Dayak Dancer - foto oleh David Metcalf

Siti adalah seorang wanita muda yang luar biasa indah dan ditentukan. Kisahnya adalah salah satu keberanian dan tekad dan keinginan untuk mewakili budaya-nya melalui semangat tari. Dan dia memiliki mimpi.

penari berbakat ini lahir dua puluh lima tahun yang lalu di sebuah desa kecil, Mungku Baru, tentang perjalanan perahu dua jam dari Palangkaraya di Kalimantan Tengah di mana dia sekarang tinggal. Ayahnya adalah Jawa dan pindah ke Palangkaraya di bawah program transmigrasi. Ibu Siti adalah Dayak Ngaju. desanya sangat tradisional dan dia berbagi beberapa keyakinan dengan saya, "Desa saya penuh banyak roh, beberapa baik, beberapa buruk. The Shaman di drive desa saya pergi roh buruk dan kami merasa aman dan aman dalam keyakinan tradisional kita. "

Siti mulai menari ketika dia baru berusia lima tahun dan tidak pernah benar-benar berhenti. Pada tahun 2012, setelah meninggalkan universitas ia memutuskan untuk membuat karir mengajar tari tradisional Dayak dan pada bulan Januari tahun ini membuka studio tari sendiri disebut Darung Tingang yang berarti burung besar.

Sebuah hari biasa dimulai pada 6,30 di pagi hari dan Siti sering mengajarkan atau praktek sampai 7,00 di malam hari, kadang-kadang tidur di studio, yang merupakan refleksi dari bagaimana bertekad dia untuk membuat studio sukses. Mayoritas siswa-siswanya adalah anak-anak berusia empat sampai 12 tahun dan dia tidak mengajar beberapa anak SMA yang lebih tua. Siti mengatakan kepada saya, "Saya percaya setiap anak Dayak yang ingin menari harus diperbolehkan kesempatan itu, jadi jika mereka berasal dari keluarga miskin dan tidak mampu Rp 0.000 per bulan, maka saya akan mengajar mereka secara gratis."

wanita yang baik hati ini kadang-kadang harus bertahan hidup Rp500.000 sebulan tapi bertekad untuk membuat Darung Tingang sukses. Dia mampu menambah penghasilan dengan tampil di pernikahan dan fungsi pemerintah dan kadang-kadang untuk kelompok wisata, meskipun beberapa orang asing mengunjungi Palangkaraya, tapi Siti memiliki mimpi.

"Saya ingin tampil di tempat-tempat lain di Indonesia dan luar negeri . Ketika saya menari saya mencoba dan membangkitkan semangat masa lalu dan saya merasa sangat terhubung dengan budaya saya. Namun, saya ingin belajar tentang budaya lain juga. Saya mendengar ada orang lain yang serupa dengan kita, seperti orang Indian Amerika dan saya akan senang untuk menari dengan orang-orang ini satu hari. Ibu saya takut bahwa budaya kita kehilangan jalan dan kita menjadi terputus dengan tanah karena lebih Dayak meninggalkan hutan dan sungai dan pindah ke kota-kota, seperti yang telah saya lakukan. Tari adalah cara yang sangat penting untuk mengajarkan generasi muda untuk menghargai sejarah dan kepercayaan kuno, "kata Siti.

Menonton tari Siti, itu jelas jelas bahwa wanita muda yang cantik ini mencintai apa yang dia lakukan. Ada ekspresi seperti di menari, yang mencakup sukacita dan kebahagiaan. Hal ini jelas bagi saya bahwa ia dilahirkan untuk menari dan itu akan menjadi malu besar jika pemirsa di seluruh dunia tidak melihat keindahan ini dan rahmat. Melalui tarian tradisional Dayak nya, budaya-nya indah diwakili dan harus dibagi baik lokal dan luar negeri

FOOTNOTE:.?

Ingin membantu Siti mencapai mimpinya

Hubungi David Metcalf yang mendukung akademi tari Siti. Sekolah tari membutuhkan alat musik tradisional dan dukungan keuangan untuk tampil di negara-negara lain.

David diatur untuk Siti dan kelompoknya untuk terbang ke Jakarta untuk tampil di peluncuran bukunya di Museum Nasional, yang berlangsung pada 6 Maret . Buku berjudul Indonesia Tersembunyi Heritage - Budaya Perjalanan Discovery adalah sebuah karya budaya Indonesia. Siti dan kelompoknya yang ditampilkan dalam buku ini dan sepertinya mimpinya mulai menjadi kenyataan.

Total
0
Facebook
Twitter
Google+
Linkedin
Whatsapp
Previous
Next Post »
0 Komentar