Pendakian Gunung Lawu

Google+
Linkedin

A menghukum pendakian belum memperdaya ke langit Jawa Tengah

argumen filosofis biasanya diberikan ketika pendaki gunung menjelaskan mengapa mereka mendaki gunung. pendaki gunung Inggris George Mallory, misalnya, terkenal menyindir "karena itu ada" sementara legendaris Selandia Baru explorer Sir Edmund Hillary mengemukakan gagasan eksistensial bahwa dengan mendaki gunung kita sebenarnya " menaklukkan diri kita sendiri" . Namun, karena baru saja naik 76 puncak tertinggi di dunia - Jawa Tengah Gunung Lawu - saya akan menyarankan bahwa bagi banyak pendaki alasan ingin untuk skala gunung adalah jauh lebih sederhana, dan itu adalah kenikmatan visceral yang datang dari pemandangan di atas !

Sebagai pegunungan sangat tinggi Indonesia pergi, gunung Lawu tidak terlalu terkenal, tapi pada 3.265 meter itu jatuh hanya 411 meter singkat (bisa dibilang) gunung yang paling terkenal di Indonesia, gunung Rinjani Lombok (3.676 meter).

Gunung Rinjani, bagaimanapun, adalah bukan yang paling praktis gunung untuk mendaki, membutuhkan investasi yang serius di kedua waktu dan uang. Gunung Lawu, sebaliknya, mudah diakses dari Jakarta dan jalan ditandai dengan baik sehingga bahkan seorang pendaki mabuk dan sangat rabun akan merasa sulit untuk mendapatkan hilang (tidak, aku tidak menjadi otobiografi sini!). Gunung Lawu juga merupakan tes yang baik untuk pendaki pemula -. Untuk melihat apakah mereka memiliki 'apa yang diperlukan' untuk mendaki bahkan pegunungan lebih menantang negara

Mendapatkan di sana

untuk sampai ke Gunung Lawu Anda harus terlebih dahulu untuk sampai ke kota Jawa Tengah Surakarta (atau Solo, karena itu jika tidak disebut). Kami mengambil bus malam yang berangkat dari daerah suram dan kotor dari Kampung Rambutan di Jakarta Timur. Untuk apa yang tampak seperti usia bus berjuang melalui lalu lintas gila di jalan tol menuju keluar kota.

Akhirnya, meskipun, lalu lintas mulai mereda setelah kota satelit dari Bekasi dan kami pikir kami akhirnya pada perjalanan - dan kemudian pengemudi memutuskan sudah waktunya untuk makan dan menepi di area layanan yang luas di mana kita memiliki makan malam kami dalam apa yang tampak seperti sebuah hanggar pesawat besar. Aneh.

Kembali di kursi kami 30 menit kemudian dan dengan bus meluncur ke arah Jawa Tengah di jalan tol baru dibangun (terima kasih, Jokowi), sebagian besar dari kita segera tertidur untuk lagu-lagu cinta nostalgia Indonesia oleh orang-orang seperti Ebiet G. Ade, Alda Risma dan bintang rock wanita paling berbakat untuk pernah hidup, Nike Ardilla -. yang paling terkenal untuknya balada yang menyayat hati bintang Kehidupan

Semua itu kemudian blur sampai, di beberapa jam durhaka sebelum fajar, kami dibangunkan oleh musik dangdut bermain dari radio di streetside warung. Kami berhenti untuk minum kopi; bukan omong kosong Starbucks, tapi kopi Jawa yang tepat - kopi tubruk - begitu kuat dan manis itu bisa bernapas kehidupan ke dalam wayang golek boneka. Reenergized, kami berangkat dan dalam satu jam atau lebih tiba di Terminal Palur, sebuah biasanya ropey mencari stasiun bus di pinggiran Solo. Dari sini, kita berubah menjadi sebuah bus yang lebih kecil untuk sampai ke Tawangmangu, kota terdekat ke Gunung Lawu, dalam perjalanan sumbang tulang yang memakan waktu sekitar satu jam.

Tawangmangu adalah tempat yang cukup menyenangkan dengan akomodasi jika Anda perlu saya t. Ada dua jalur yang mengarah Gunung Lawu (bernama Cemoro Kandang dan Cemoro Sewu), mulai tidak jauh dari satu sama lain, dan mudah dicapai dari Tawangmangu berdasarkan omprengan (minibus) di sekitar 20 menit. Dari dua jalan, saya akan sangat menyarankan menggunakan jejak Cemoro Kandang untuk naik gunung, karena meskipun lagi di 12km ke puncak - dibandingkan Cemoro Sewu ini 8km -. Ada membentang lebih datar, membuat perjalanan lebih menyenangkan

sejarah

satu hal untuk menghargai tentang gunung Lawu adalah bahwa itu adalah tempat yang sangat sakral.

Menurut legenda Jawa, gunung ini tempat peristirahatan terakhir dari raja terakhir Kerajaan Majapahit, Prabu Brawijaya V -. meskipun tubuhnya tidak pernah ditemukan

ada gunung di Indonesia dianggap sebagai angker atau mistik gunung Lawu dan meskipun menjadi 'hidup' itu juga dapat menyembunyikan identitasnya. Untuk alasan ini, pendaki seharusnya berbisik ke gunung dan meminta izin nya setiap kali mereka membutuhkan sesuatu - mengatakan, untuk membebaskan diri, misalnya. Sumpah atau kutukan dilarang keras. "Kesal gunung," mengatakan orang-orang yang tinggal di desa-desa sekitarnya dan "Anda mungkin tidak dapat diterima untuk berjalan di bumi suci". Korban selama bertahun-tahun telah banyak dan baru-baru ini tahun lalu tujuh pejalan kaki tewas dalam kebakaran hutan

The View of Mount Lawu

The View dari Gunung Lawu. | Foto Martin Jenkins

The pendakian menggunakan Cemoro Kandang trail

Ini perjalanan panjang ke puncak (sekitar delapan sampai sepuluh jam), sehingga Anda akan perlu untuk menghabiskan malam di sana. Kami membawa tenda tetapi Anda juga dapat crash di warung Mbok Yem ini tidak jauh dari puncak dalam mode yang sangat sederhana di atas tikar rotan yang disediakan. Pada jejak up ada lima pos yang menawarkan beberapa shelter dasar dari unsur-unsur

Jangan salah, namun -. Ini tidak berjalan di taman. Jejak sangat curam di bagian dan kaki segar tidak berlangsung lama. Bagi saya, pada pertengahan sore perjalanan yang telah berubah menjadi pertempuran antara pikiran dan tubuh saya. Bagaimana bisa aku terus terjadi? kemeja saya basah kuyup dengan keringat - khas bule kelemahan - dan saya memiliki haus mengamuk. Kaki sakit seperti orang gila. Tapi berbalik bukanlah suatu pilihan. Tidak sekarang ...

Pada saat kita telah mencapai pos tiga kebanyakan dari kita benar-benar hancur. Kami beristirahat dan menikmati pemandangan sebelum teringat bahwa itu sudah hampir senja, dan kami masih harus berjalan untuk mengirim empat, satu jam setengah jauh, di mana kita akan berkemah untuk malam.

Jadi kami terus , obor kami balok memimpin jalan. Bagian ini adalah binatang yang lengkap untuk mendaki dan curam di tempat yang jejak zigzag ayun bolak-balik. Tapi kemudian: apa itu bau? Bau kotoran manusia! Ini hanya bisa berarti satu hal saja - kami berada dalam jarak menyentuh pasca empat! Alasan pembuangan literal dari orang-orang yang terlalu malas untuk menutupi omong kosong mereka: sejauh aspek yang paling mengganggu dari pendakian. Mengapa mengobati gunung suci seperti itu?

Keesokan harinya kami turun ke awal. Ini adalah jam baik berjalan untuk mengirim lima sebelum 30 menit melelahkan memanjat jalur hampir mustahil curam ke puncak yang dikenal sebagai Hargo Dumilah. Kita berhasil! Semua rasa sakit langsung dilupakan. Nah, tidak terlalu lama tentu saja - kita masih harus kembali turun

Turunnya menggunakan Cemoro Sewu trail

Tidak seperti pada! jejak Cemoro Kandang di mana kami menemukan bahwa tidak ada minuman (atau makanan) bisa dibeli, minuman yang tersedia di sebagian besar posting di jalur Cemoro Sewu - sangat mungkin menyelamatkan hidup saya

Mount Lawu's trail [1945029!]

Menurun gunung itu juga menantang. jalan adalah luar biasa curam dan menjadi sebagian beraspal dengan batu-batu besar Saya terkejut sendi lutut saya tidak benar-benar menghancurkan di beberapa titik. Namun dengan sore dan sekitar lima jam kemudian kami telah membuat ke posting satu, kaki seperti jelly. Dari sini itu satu jam atau lebih dari berjalan melalui hutan pinus kembali ke jalan utama. gunung suci atau tidak, hanya satu pertanyaan sekarang di pikiran saya. Mana **** bisa saya mendapatkan Bintang diberkati?

Praktis

• Tidak ada panduan yang diperlukan sebagai jalan didefinisikan dengan sangat baik dan di banyak tempat diaspal dengan batu-batu besar.
  • Be benar siap dengan semua perlengkapan yang tepat karena sangat dingin di malam hari dan hipotermia membunuh. suhu malam waktu pergi serendah 0-4 derajat.
  • Membawa minimal 2 liter air minum kemasan.
  • Travel seringan mungkin.
  • Jangan lakukan kenaikan selama musim hujan - benar-benar, itu tidak layak
  • Be mental siap untuk mendaki sangat sulit
  • Ambil kenaikan serius... Jika Anda mengalami kecelakaan Anda tidak akan helikopternya keluar!