Cerita dari Pulau Enchanted: A Travel Diary Flores

Total
Google+
Linkedin

bukit Lush dan tebing curam yang menghadap desa hidup dan pantai yang berwarna biru menghiasi jalan berliku dari Flores dari satu sudut ke yang lain. Sementara aku pernah ke saya berbagi pulau Indonesia saya sudah disebut indah, saya harus mengatakan bahwa ada sesuatu yang khusus tentang Flores.

Meskipun meningkatnya popularitas Flores sebagai tujuan wisata, masih menawarkan banyak off the-dipukuli-jalan pertemuan. Masyarakat Flores menikmati hidup seperti itu; menahan diri dari sifat buruk dari kelebihan, merayakan nilai-nilai kehidupan melalui ekspresi kreatif, dan murah hati menyambut pengunjung dari jauh. Selain itu, Flores mungkin pulau Indonesia di mana aku merasa paling aman sebagai backpacker solo.

Kami berhenti pertama di Flores adalah ROE, desa di mana Nila Tanzil pertama Taman Bacaan Pelangi (Jakarta Expat masalah 99) didirikan. Itu Rabu sore hujan, tapi sekitar 50 anak-anak usia delapan hingga 12 menerjang cuaca untuk menemui kami di sekolah yang mengelola perpustakaan.

Anak-anak tampak senang mendapatkan pengunjung dari Jakarta. Kebanyakan dari mereka tidak pernah bepergian di luar Flores. Mereka tampaknya merasa memperlakukan untuk dapat melihat gambar dari Jawa, Papua, dan Sulawesi dari layar laptop saya, dan meminta kami banyak pertanyaan tentang keluarga dan pekerjaan kita. Itu menyenangkan untuk menonton perjalanan teman saya Tino mencoba untuk menjelaskan kepada mereka apa yang programmer komputer tidak.

Kami juga mendengarkan anak-anak mengatakan kepada kami tentang kehidupan di ROE. Banyak dari mereka membantu orang tua mereka menjalankan pertanian keluarga atau perkebunan, tetapi masih bersekolah dengan semangat belajar antusias. Sejumlah dari mereka membuat penyanyi berbakat dan penyair juga. Malam itu, host kami menyembelih ayam untuk kami dan memasak hidangan tradisional Manggarai.

Kami berhenti berikutnya adalah Wae Rebo, sebuah desa dataran tinggi dibatasi terkenal untuk rumah kerucut jerami nya. Menjadi hemat, kami mengambil oto kayu (truk dimodifikasi yang menyerupai bus terbuka dengan kursi kayu) ke Dintor. Dengan speaker booming dengan cengeng balada Indonesia Timur, empat jam perjalanan melalui jalan berkelok-kelok sempit, hutan gunung dan desa-desa lembah, dibuat untuk sebuah petualangan dalam dirinya sendiri.

Dintor, sebuah desa nelayan di pantai selatan Flores, adalah di mana kami host Wae Rebo (atau alter ego semi-modern mereka) hidup. Kami menghabiskan sore berjalan melalui sawah dan duduk di tepi pantai batu putih yang menghadap Pulau Mules. Kedatangan kami bertepatan dengan upacara khusus wasit renovasi dari rumah adat di Wae Rebo keesokan paginya, jadi kami meninggalkan Dintor di 3:30 untuk membuatnya ke Wae Rebo di kaki oleh 08:00.

aura sakral Wae Rebo ini, saya percaya, tak ada hubungannya dengan aneh tradisional fashion, arsitektur, atau musik. Ini memiliki lebih berkaitan dengan rasa hormat masyarakat kontemporer ini membayar untuk tanah mereka dan nilai-nilai leluhur mereka mengajar mereka, dan harapan tegas mereka bahwa pengunjung melakukan hal yang sama.

Kami berhenti berikutnya adalah Ruteng, di mana kami mengunjungi Liang Bua , sebuah gua di mana hominid kuno hidup. Homo floresiensis , juga dikenal sebagai "Flores hobbit", adalah spesies manusia pendek yang diyakini pelari cepat dan speaker mampu. Kami menghabiskan waktu dengan orang tua lokal yang mengaku sebagai keturunan dari hobbit.

Tino dan saya kembali ke Labuan Bajo dan berpisah di sana sebagai ia menangkap penerbangan kembali ke Jakarta. Setelah menghabiskan sore itu di tenang Danau Sano Nggoang dengan penduduk yang ramah, saya mencoba keberuntungan saya hari berikutnya menumpang murah untuk Taman Nasional Komodo. Saya akhirnya perahu ke Rinca dengan pasangan setengah baya dari Riau.

Perjalanan ke Rinca adalah salah satu meluncur pada bentang laut zamrud, dengan segudang pulau yang subur terlihat. Di sana kami melihat sebuah band dari komodo yang terkenal, melihat beberapa sarang, dan pergi untuk perjalanan pendek - yang saya temukan terlalu pendek tapi Mrs. ditemukan melelahkan. Kami kemudian pergi untuk snorkeling di Pulau Kelor, yang sayangnya memiliki pemandangan bawah menyedihkan karang dikelantang mati.

saya akhirnya menuju ke timur sekali lagi dan mengunjungi Bena, sebuah desa dekat Bajawa yang juga terkenal khas rumah adat. Legenda mengatakan bahwa nenek moyang Bena berasal dari Jawa, dan mereka berdoa kepada leluhur mereka dengan plating persembahan di altar megalitik, maka nama Ba-Jawa -. Plate dari Jawa

Arsitektur lokal tertanam dengan filosofi hidup, prokreasi, dan perjuangan untuk bertahan hidup. . Pemandangan dikelilingi oleh pegunungan yang subur melihat keluar ke pantai

saya berikutnya adalah Ende - sebuah kota pantai yang indah dicampur dengan pantai pasir hitam dan pemandangan pegunungan, di mana Soekarno menghabiskan beberapa waktu di pengasingan. Sayangnya setiap situs sejarah tampaknya akan ditutup untuk alasan bodoh -. Penjaga rumah Sukarno tidak merasa seperti bekerja, dan teater di mana mantan presiden menulis drama memiliki tanaman liar yang tumbuh di atasnya

Ketika jalan dari Ende ke Kelimutu runtuh pada hari berikutnya, saya berharap saya telah pergi ke Riung di pantai utara sebagai gantinya. Untuk sampai ke Maumere saya harus memutar melalui Mbay ke utara - satu jam perjalanan dari Riung - tapi tidak bisa mengunjungi pantai pasir putih yang terkenal karena bus berangkat ke Maumere melalui utara pantai neraka jalan kiri saat fajar

Dalam Nita, sebuah desa sebelah selatan dari Maumere, saya menghabiskan malam di Sentra Tenun Ikat Lepo Lorun. Ada saya disambut oleh wanita yang sibuk membuat bolo plagar - kue tepung beras yang dibuat dalam bentuk pola tekstil Maumere, diajarkan dari ibu ke anak perempuan untuk suatu hari nanti membuat orang yang meminta tangan mereka dalam pernikahan.

Alfonsa Horeng, pemimpin bereputasi internasional dari MASIH, membawa saya pada tur pribadi melalui kebun nya, menunjukkan tanaman yang serat tekstil nya dan warna datang. Salah satu penenun nya menunjukkan fermentasi indigo dan pemintalan benang kapas. Kami memiliki percakapan yang hidup pada peran tenun ikat tekstil dalam menjaga nilai-nilai masyarakat hidup, dan dibandingkan nilai ekonomi tradisional berbasis pertanian-Flores kepada ekonomi uang modern berorientasi.

saya kunjungan ke danau tiga warna Kelimutu hari berikutnya tidak berubah sangat menguntungkan sebagai kabut tebal turun lebih dari pandangan. Tapi mungkin itu hanya tanda bahwa saya harus kembali ke sini suatu hari nanti. Setelah semua, warna danau 'mengubah seperti mantel bunglon ini -. Mereka tidak akan menjadi danau yang sama pada kunjungan berikutnya

saya selesai perjalanan saya di Maumere dengan misa Malam Natal di Katedral St. Yoseph dan white Christmas pagi. Tidak, itu tidak turun salju - hanya hujan yang sangat buruk yang menutupi kota pantai ini dengan kabut buruk

Sebuah alam semesta alternatif tempat kuno dan hidup berdampingan modern, sarang naga, hobbit di sebuah gua, jelata. mengenakan jubah tenunan cocok untuk bangsawan tertanam dengan pesan rahasia, dan danau misterius yang mengubah warna - ini mungkin juga telah ditulis dalam dongeng oriental yang eksotis. Tapi di pulau terpesona dari Flores, saya menyaksikan kisah ini sebagai kehidupan nyata. . Dan berbagi bagian dari mereka dengan sesama petualang yang mencuri hati saya hanya mengalikan sukacita manifold perjalanan

Negara: Indonesia
Provinsi: Nusa Tenggara Timur (NTT)
Luas Tanah: 14.300 km2
Elevation tertinggi: Inerie (dekat Bena, Bajawa) 2245 m AMSL
kota terbesar: Maumere
Penduduk: 1.500.000 (06 perkiraan)

Bagaimana menuju ke sana

• penerbangan harian ke Labuan Bajo dari Jakarta dan Bali (Garuda Indonesia, Lion Air)
  • penerbangan harian ke Maumere dari Bali dan Kupang (Sky Aviation, TransNusa, Wings Air)

Apa yang harus dibawa
Sunscreen, topi, snorkeling dan diving gear, sepatu hiking.