Aceh Gayo - Menjelajahi Dataran Tinggi Tengah

18.37
Aceh Gayo - Menjelajahi Dataran Tinggi Tengah -
Total
0
Facebook
Twitter
Google+
Linkedin
Whatsapp

Aceh adalah tempat yang indah untuk mengeksplorasi dan perjalanan ke dataran tinggi Gayo Aceh Tengah akan menyenangkan Anda dengan pegunungan pinus bertabur, kehidupan desa terpencil dan kota kecil yang indah bernama Takengon terletak di samping danau.

Lake Tawar by David Metcalf

Danau Tawar | Foto oleh David Metcalf

saya membuat jalan ke Danau Tawar hanya di luar Takengon dan bertemu seorang pria yang menyenangkan, Pak Syamsudin, yang mengatakan kepada saya tentang rumah leluhurnya. "Saya generasi kelima dan keturunan Raja Beluntara, raja asli dari kabupaten ini. Rumah tua ini berusia lebih dari 150 tahun, "katanya dengan nada termenung. "Pemerintah melakukan kesepakatan dengan saya beberapa tahun yang lalu. Mereka ingin rumah bersejarah saya dan menawarkan untuk memindahkan aku ke, rumah modern baru yang bagus di jalan untuk gratis jika saya akan memberi mereka rumah asli ini, jadi saya berkata mengapa tidak? "

Saat aku duduk dengan dia, aku menatap balok kayu tinggi, yang diselenggarakan bersama-sama dengan lima pasak dan lima pos. "Belanda berada di sini untuk waktu yang lama," katanya. "Mereka membangun sekolah dan memberi kami pendidikan. Lihatlah lukisan ini dari Raja Beluntara. Lukisan itu sebenarnya dibuat dari foto yang ditemukan di sebuah museum di Amsterdam. "Pak Syamsudin berdiri dengan bangga di samping lukisan dengan anaknya dan tiga cucu bergabung dengannya untuk kesempatan foto.

Pak Syamsudin adalah penjaga rumah tua. Dia menerima dana pemerintah setiap tiga bulan untuk pemeliharaan. Dia mengatakan kepada saya, "Tak seorang pun dari pemerintah yang pernah datang untuk mengunjungi. Rumah duduk kosong tapi aku baik-baik saja dengan itu "lihat-Nya adalah salah satu refleksi sambil menatap panel vertikal.; fitur desain rumah Raja. "Tapi aku rindu tinggal di sini," tambahnya.

Dia mengatakan kepada saya tentang hubungan yang baik desanya memiliki dengan Belanda. Dia melanjutkan untuk menjelaskan bahwa pada abad 19 th awal, Belanda membuat kesepakatan untuk menghormati kerajaan. Bagian dari kesepakatan ini adalah untuk memberikan pendidikan bagi masyarakat lokal, yang bahkan sampai hari ini mereka telah mempertahankan. Banyak orang Gayo yang penyair dan senang untuk bersaing dalam tantangan verbal, yang diadakan secara berkala dalam bentuk kompetisi di desa-desa dan kota-kota tetangga.

Saya cukup beruntung untuk menyaksikan salah satu kompetisi puisi kata-slinging ini terlambat satu malam. Itu adalah pembacaan puisi dan bagian dari perayaan upacara khitanan anak laki-laki lokal. Saya diberitahu keluarga anak itu yang kaya, sehingga sebagai bagian dari upacara ada menjadi Didong ; kompetisi puisi.

Tantangan kata-game yang terus sepanjang malam, Didong melibatkan dua desa saingan dan hanya selesai ketika matahari muncul. Mereka menceritakan lelucon dan saling menantang mental, dan ini diperkuat oleh tepuk tangan keras ketika pertanyaan dijawab dengan benar, dan sorak-sorai bahkan lebih keras ketika jawabannya melibatkan respon pintar.

saya tiba di 10 dan meninggalkan di tengah malam. Saya diberitahu Didong akan pergi tanpa istirahat sampai 2. Dari 02:00-06:00, kata tantangan akan pindah ke tingkat yang baru dan melibatkan menari dikombinasikan dengan menggoda dan mengejek. Sekarang dan lagi, sesepuh desa harus datang untuk menyelamatkan dengan jawaban jika kontestan tidak yakin. Melalui teknik penyelamatan ini, baik penonton dan peserta terlibat dalam pemahaman yang lebih dalam sejarah dan budaya mereka. Para tetua, yang adalah hakim, menyatakan pemenang berdasarkan dua faktor:. Pengetahuan dan kebijaksanaan

Tarian dari seribu tangan

saya cukup beruntung untuk menjadi diundang untuk tarian Saman latihan aja satu malam di belakang jalur kecil di Blangkejren Village. Saya bertemu Ali muddin, guru tari Saman yang pasukan tari telah berkeliling dunia dan dihadiri festival di Kuala Lumpur, Melbourne, Berlin, Sydney dan Thailand.

saya diarahkan untuk duduk di indah tenunan tangan hijau dan putih Gayo tikar, sebagai garis tiga belas remaja laki-laki yang sangat tertarik dikocok ke dalam rumah dua kamar kecil. The Saman penari duduk di deretan panjang, bersemangat untuk berlatih tari kuno mereka di depan tamu asing. Itu hanya praktek Senin malam normal, tapi ruangan itu penuh sesak anggota keluarga. Anak-anak berlatih tiga kali seminggu dan harus melakukan sinkronisasi gerakan mereka pada kecepatan yang sangat cepat, tidak ragu.

tari yang benar-benar memesona dari awal sampai akhir. Ini melibatkan menampar tubuh dan menyeret kepala dari sisi ke sisi, sebagai tarian momentum. Pencocokan kecepatan musik, para penari bergerak tubuh mereka secara berurutan, koordinasi tangan, lengan, leher dan tubuh bagian atas pada waktunya untuk musik sambil bernyanyi. Tarian ini mencapai akhir yang dramatis, di mana semua orang bertepuk tangan.

Asal-usul tarian ini berasal dari kelompok etnis Gayo. Hal ini hanya dilakukan di bagian Aceh. Ali mengatakan kepada saya bahwa setelah seorang ayah telah mengajarkan anaknya tarian, ia tidak lagi melakukan. "Mereka semua ingin belajar menari," kata Ali, "karena tarian Saman adalah salah satu tarian yang paling populer di Indonesia. Banyak dari anak laki-laki terpikat oleh kesempatan untuk melakukan perjalanan ke Jakarta dan tempat-tempat lain, dan mungkin seperti saya, pergi ke luar negeri. "Ali melanjutkan," Setiap tahun kompetisi dansa besar diadakan di Jakarta. Kami terus memenangkan persaingan, dan sekarang mereka telah melarang kita dari bersaing. Dapatkah Anda percaya "

Traditional Dance Performance by David Metcalf

Tradisional Pertunjukan Tari? | Foto oleh David Metcalf

Banyak peristiwa akbar festival diadakan di wilayah Gayo. Anda dapat memeriksa dengan departemen pariwisata dan waktu kunjungan Anda bertepatan dengan salah satu dari ini. Pada kesempatan, hingga 5.000 penari bisa melakukan tarian Saman.

saya pergi ke Aceh dengan keinginan untuk bepergian dari Banda Aceh di Utara ke Taman Nasional Gunung Leuser di Selatan. Aku menghabiskan satu minggu melintasi pedesaan, sebagian besar berjubah di perkebunan kopi, sistem sungai yang lebar, pemandangan yang menakjubkan dan pertemuan menyentuh dengan budaya lokal.

Dari duduk di rumah seorang raja tua untuk menemukan tradisi tari Saman di desa kecil Blangkejren, Aceh adalah perjalanan penemuan, setiap hari mengungkapkan keajaiban baru. Perjalanan ke tempat-tempat yang kurang dikenal di Indonesia hanya dengan rencana kasar dan pikiran yang terbuka akan selalu membawa jejak kejutan dan kegembiraan

Cepat Fakta:. Aceh Gayo

Provinsi: Aceh

Lokasi: 58.376 km²

Penduduk: 47300 (2014)

Cara ke sana: Banda Aceh ke Takengon, wilayah dataran tinggi tengah Aceh, adalah 314km. Ini adalah
naik lambat dan bergelombang. Jalan-jalan di rata-rata untuk kondisi yang buruk dan perjalanan memakan waktu 6,5 jam

Tour panduan dan sopir. Nona Ferzya www.getaceh.com

Akomodasi: Linda Homestay - lindahomestay@yahoo.com

Total
0
Facebook
Twitter
Google+
Linkedin
Whatsapp
Previous
Next Post »
0 Komentar