Akan, akan, Gone: In Search of the Ultimate Longhouse

13.08
Akan, akan, Gone: In Search of the Ultimate Longhouse -
Total
0
Facebook
Twitter
Google+
Linkedin
Whatsapp

Along dengan sumpit, tato tradisional, penguasaan kerajinan anyaman, kano-bangunan dan kebiasaan memakai tandan besar dari anting-anting logam memanjang telinga, rumah panjang kini mulai menghilang.

Saya berharap tukang perahu tahu ke mana ia pergi. Menggunakan pohon bakau, bank lumpur, tunggul, dan fitur alam lainnya sebagai penanda, ia berlayar dengan keyakinan yang sama bahwa saya akan berjalan ke sudut minimarket di Bali. Ini adalah menghibur karena saya tidak pernah bisa menemukan jalan keluar dari sini

saya hanya seminggu -. Dari awal sampai akhir - untuk melihat rumah panjang. Sebagian besar orang Dayak asli Kalimantan, hampir separuh penduduk di wilayah itu, masih hidup dalam pedalaman di sepanjang tepi sungai dan anak sungai.

saya mengambil longbot (longboat) dari Samarinda sampai Sungai Mahakam di Kalimantan Timur dengan lebih dari sekedar bagasi biasa. Saya juga terbebani dengan jumlah lebih dari prasangka.

Pikiran Anda, tidak ada kurangnya persiapan, yang mematikan telah menjadi bagian yang menyenangkan. Saya mulai saja saya pil anti-malaria seminggu sebelum. Karena tidak ada bank atau tempat penukaran uang di pedalaman, saya telah mengumpulkan bundel rupiah dalam denominasi kecil. Seorang pelancong telah mengatakan kepada saya bahwa kepala rumah panjang menghargai hadiah seperti kacamata hitam, western t-shirt, kopi, rokok, gula, garam, dan baterai senter. Pensil, pena dan notes pergi besar dengan anak-anak.

Semua ini, dan lebih, saya dibawa. Kemudian saya adalah untuk belajar bahwa kebaikan dan keramahan orang Dayak adalah luar biasa, dan saya tidak punya digunakan untuk item ini. Bahkan pejabat pemerintah minor di daerah terpencil yang tak terduga membantu. Pak Udin, hilir di Muara Muntai, bahkan memperkenalkan saya kepada keluarga yang menempatkan saya, makan dan menghibur saya.

longboat ini dirancang khusus untuk wisata sungai, dihiasi dengan dicat mata merah untuk membimbing kita aman melalui berbahaya perairan. Saat hujan deras, sungai bisa dua kali lipat dalam ukuran dalam beberapa jam. Kami mencoba melakukan negosiasi beberapa cabang sungai untuk mencapai rumah panjang tersentuh, tapi berbalik karena arus yang kuat

Langit yang gelap.; tukang perahu dipercepat. Di luar Tanjung Isui, hatiku kencang saat kami mengitari sebuah tikungan dan saya melihat saya rumah panjang kerja pertama di desa Mancong. Kami ditarik ke darat; perahu kami meremas di antara lain terletak seperti tongkat pick-up di sepanjang tanggul. Aku bergegas menaiki curam, jalan berlumpur dan penduduk desa membawa saya ke sebuah rumah panjang tua di samping halaman posting kayu berukir dan patung-patung. Meskipun ini dikenal sebagai 'rumah panjang turis', itu yakin tampak seperti hal yang nyata bagiku.

Sebagai rasa hormat, saya dihapus sepatu saya, memanjat tangga dan masuk. Melihat sekeliling saya, itu jelas bahwa semangat kerja sama antara kaum keluarga dan antara anggota rumah panjang itu sangat dekat. Sementara orang tua mereka sedang pergi di ladang dan kebun, wanita tua tampak setelah anak-anak dan melakukan pekerjaan rumah tangga. orang tua duduk di sekitar bergosip, merokok, memperbaiki nelayan dan petani menerapkan. Anak-anak bermain di beranda panjang bangunan dan turun di air dangkal sungai.

Collaborative Habitation

Fitur yang paling menonjol dari masyarakat Dayak, rumah panjang ( Lamin ) adalah struktur ridge beratap yang dapat mencapai hingga 150 meter panjang dan lebar 9-18 meter. Beberapa rumah panjang, masing-masing dengan 50 atau lebih keluarga dan sebanyak 0 pintu, mungkin membuat sebuah desa Dayak. Penduduk desa, bekerja secara kooperatif, bisa ereksi yang baru dalam waktu kurang dari seminggu. Karena dekomposisi tropis yang cepat, Lamin biasanya tidak bertahan lebih dari 15 tahun.

Kebanyakan rumah panjang dibangkitkan 1-3 meter dari tanah di atas tumpukan kayu, yang lebih mudah untuk mengganti dari membusuk lantai. sampah dapur didorong melalui papan lantai untuk memberi makan babi dan ayam mencari makan di bawahnya. Arus udara di bawah struktur mengurangi hama dan mencegah busuk kering. konstruksi panggung juga memberikan perlindungan terhadap ular, banjir dan - pada zaman dulu -. musuh

rumah panjang berevolusi dalam waktu perang antar suku konstan. rumah panjang arsitektur Dayak dan pengerjaan bisa menjadi luar biasa, dengan banyak bagian struktur - kusen, galeri, posting - dekoratif diukir. pagar kayu jati yang dibentuk menjadi naga, ular, setan, atau burung, dengan detail halus termasuk sisik dan bulu. Ada pelajaran bahkan diukir dalam pendidikan seks.

A tertutup beranda, ruang tamu komunal, menjalankan panjang penuh bangunan, biasanya menghadap ke sungai. Ruang ini digunakan untuk kemalasan, perawatan anak, mengunjungi, memperbaiki alat, dan menggantung perangkap ikan, dayung perahu, senjata, dan barang lainnya dari penggunaan sehari-hari. Pakaian yang dijemur di sini.

Satu pintu rumah panjang sempit menghadap ke timur, untuk menghormati matahari terbit dan hubungannya dengan kehidupan. partisi interior memisahkan kelompok-kelompok keluarga; kerabat jauh dapat hidup di ujung bangunan. bilah lantai memantul dan menampar sebagai orang bergerak di sekitar dan bekerja. Sebuah apartemen lantai atas digunakan
untuk menyimpan beras, keranjang, tumpukan tikar anyaman, jaring ikan dan kayu bakar.

Hujan sekarang. Saya mempertaruhkan tempat di atas tikar di salah satu sudut beranda. Para pendatang baru dibawa teh panas lebih-manis dan biskuit. Aku bisa melihat tinggi di langit-langit beberapa menghitam keranjang tua. Saya membayangkan mereka terkandung tengkorak - masih dihormati benda totem, pikir ini tidak mungkin. tengkorak tua telah berubah menjadi otoritas lama.

Saat malam tiba, makan malam disajikan, tarif biasa Indonesia omelettes, nasi goreng , kari sup dan pisang goreng. Patuh, diam-diam, garis panjang anak-anak, tidak lebih dari enam atau tujuh, membawa pot, mangkuk dan piring untuk tikar anyaman besar. Mereka membersihkan piring setelah makan malam pergi hanya sebagai efisien dan hanya sebagai tanpa kata.

Dekat tengah malam, pembicaraan mereda bisikan nyaris tak terdengar. Aku bisa mendengar kasar, tangga fleksibel yang menarik, menjaga bangunan bebas dari hewan, serangga dan penyusup lainnya. Udara berat dengan pintu subur dari hutan hujan tropis dan dari obat nyamuk tajam merokok tak terlihat. Benar-benar diselimuti kegelapan, menjerit dan denting tonggeret dan serangga lainnya memekakkan telinga. Dalam struktur besar, satu-satunya suara interior adalah bahwa dari napas lembut pulas tubuh di sekitar saya.

saya merasa aman, seakan disegel pergi dalam kepompong.

Apa yang akan hilang ketika rumah panjang pergi? Seluruh cara hidup. Dalam dua malam aku menghabiskan di rumah panjang tua berderit, saya tahu bahwa tidak ada yang bisa menggantikan rasa komunitas salah satu merasa dalam satu. Seluruh bangunan tampak untuk memperluas dan kontrak, seolah-olah menyatu dengan hutan, tidak terpisah bagian dari alam. Ini adalah kualitas yang deretan blockhouses semen modern dengan atap seng tidak pernah bisa meniru.

Total
0
Facebook
Twitter
Google+
Linkedin
Whatsapp
Previous
Next Post »
0 Komentar