Empat Wajah Diperlukan untuk Hadapi Bali Brave New World

13.33
Empat Wajah Diperlukan untuk Hadapi Bali Brave New World -
Total
0
Facebook
Twitter
Google+
Linkedin
Whatsapp

Pada hari-hari berangin bulan Juli, langit Denpasar mengisi dengan layang-layang. Ini besar burung dan ikan tari dan meluncur dengan gembira anak-anak (dari segala usia, tentu saja) menarik-narik senar mereka. Langit bukan satu-satunya thoroughfares ramai, meskipun. Sebagai angin sibuk perubahan upaya untuk membuang rumpun akhir dari cloud untuk pendingin Bali musim belum cerah kering, langit biru mengisyaratkan tamu dari dekat dan jauh, mengisi jalan-jalan di Bali dengan lalu lintas.

Bali mempersiapkan untuk serangan gencar dengan aktivitas ingar-bingar. Terjebak dalam lalu lintas dengan beberapa pertemuan pada agenda saya, tidak yakin yang membatalkan dan mana yang harus pergi ke, saya teringat musuh mahakuasa saya, salah satu dari enam musuh dalam diri saya (versi Bali dari tujuh dosa mematikan): Kebingungan. Dan itu adalah di saat seperti ini yang saya memohon ketuhanan dalam diri saya juga, kali ini sebagai Catur Muka, empat berkepala-dewa menghadap empat arah mata angin. Memperluas kesadaran spasial saya, saya menganggap keheningan patung bahkan saat aku meluncur (atau menggiling, kebanyakan) melalui lalu lintas. Mengamati semua yang terjadi di sekitar saya.

Ada banyak patung Catur Muka yang, seperti Janus di Yunani kuno, menjaga persimpangan Bali. favorit saya berdiri bangga di jantung kota Denpasar, di persimpangan Jalan Surapati, Jalan Udayana, Jalan Veteran dan Jalan Gajah Mada. Itu adalah di seberang Puputan Badung persegi dari Jagad Natha Temple.

Untuk menghargai patung ini, itu tidak cukup untuk berkeliling dua kali (seperti yang saya ingin lakukan ketika terburu-buru tapi ingin menghargai keajaiban ini). Saya lebih memilih untuk berjalan ke arah itu dari Selatan, melewati kantor Walikota Denpasar, ke patung granit 9 meter-tinggi.

Tidak seperti sepupu kurus sekitar pulau, patung Denpasar mengesankan untuk proporsi yang sangat seimbang yang . Ini adalah karya seniman I Gusti Nyoman Lempad dari Ubud, ditugaskan pada tahun 1973, pada saat pemerintah Bali menghadapi masa depan yang baru yang berani. Pemerintah telah menetapkan bandara Ngurah Rai International pada tahun 1969 dan memperoleh Bali Beach Hotel di Sanur tahun yang sama (sebagai hadiah reparasi pasca-perang dari Pemerintah Jepang). Ketika DPRD mengeluarkan keputusan untuk mendirikan patung ini pada tahun 1971, pemerintah baru saja mendirikan zona pariwisata Nusa Dua.

Catur Muka adalah penggambaran dari Brahma, Allah sebagai Pencipta. Dia berdiri di atas kelopak bunga teratai, melambangkan alam semesta murni. Dalam empat tangannya, pencipta-dan-penguasa-of-the-semesta memegang rosario, cambuk, roda chakra dan gading, melambangkan kemurnian pengetahuan, kepastian hukum, keadilan ilahi dan pelaksanaan hukum. Tali di tubuh patung melambangkan Maya (dunia ilusi) yang mengikat atman (jiwa) dengan siklus reinkarnasi.

The direktif pemerintah diwujudkan oleh patung adalah "Denpasar harus dibangun berdasarkan filosofi Bali" . Pengembangan merajalela di Bali akhir-akhir menunjukkan sebaliknya.

Ketika mempertimbangkan fakta bahwa selama masa kolonial Belanda sebelumnya, di situs ini berdiri sebuah jam kota yang akan berpadu setiap jam, mengingatkan penduduk setempat dari yang berada di biaya, kita juga dapat mempertimbangkan patung sebagai simbol pemulihan identitas.

jam saat berkubang di Museum Bali, dua blok jauhnya. Satu dapat dengan mudah menjadi pesimis bahwa dalam melakukan jauh dengan jam, orang Bali telah meninggalkan disiplin dan mekanisme agar mistisisme. Atau bahwa patung Catur Muka menggambarkan jiwa Bali tegas terikat oleh tali ilusi Villa-realty.

Tapi saya lebih suka memakai empat wajah tebal. Satu terlihat ke masa lalu dan melihat sejarah kekerasan dan represi dan senang untuk kebebasan ini. Lain melihat ke masa depan pada generasi tumbuh dengan kesadaran tempat Bali di dunia dan berdoa bahwa mereka akan belajar dari kesalahan orang tua mereka. Sepertiga melihat harga-perang di bawah-pemotongan bisnis di seluruh pulau sebagai kejahatan yang diperlukan untuk mengingatkan para pemangku kepentingan tentang perlunya peraturan dan etika.

Wajah akhir saya memakai sebelum petugas pajak dan pejabat pemerintah bersikeras pada iuran mereka tanpa memberikan kontribusi banyak tapi lebih beban usaha. Ini adalah wajah taat berani untuk hukum pulau ini, baik spiritual dan buatan manusia. Ini adalah wajah yang bermaksud untuk mengingatkan Walikota nilai-nilai yang baik-governance diabadikan dalam patung Catur Muka pada pertemuan berikutnya.

Total
0
Facebook
Twitter
Google+
Linkedin
Whatsapp
Previous
Next Post »
0 Komentar